Kamis, 24 Juli 2014

Pengertian Software Komputer (Tulisan)



Nama lain dari software adalah perangkat lunak. Karna disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras. Jika perangkat keras adalah komponen yang nyata dan dapat disentuh, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa utk dioperasikan.

Jenis-Jenis Software atau Perangkat Lunak
Software atau perangkat lunak computer berdasarkan distribusinya dapat dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain ada software berbayar , ada juga software yang gratis (free).

Software berbayar
Software berbayar merupakan software yang bertujuan komersil, setiap pengguna yg ingin menggunakan atau mendapatkan software tsb dengan cara membeli atau membayar pada pihak yg mendistribusikannya.  Dan contoh software yg berbayar ini misalnya adalah system Microsoft windows, Microsoft office , Adobe Photo shop dan dll.

Freeware
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak computer berhak cipta yg gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalkan setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).


Free Software
Free software adalah lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus grais. Pada kenyataannya , nama nya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source).


Shareware

Shareware juga bebas tapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan waktu yang telah di tetapkan (misal 30 hari).

0 komentar:

Posting Komentar