Kamis, 24 Juli 2014

Tips Cara Mempercepat Kinerja Computer Windows (Tulisan)


Langkah – Langkahnya sebagai berikut :

1.      Matikan aplikasi yang tidak digunakan saat proses startup.
Proses startup merupakan proses awal saat computer anda masuk pada system operasi windows, jika banyak aplikasi yang dijalankan saat menghidupkan computer pertama kali maka secara otomatis kinerja computer anda akan melambat (lemot). Cara mengatasi hal tsb , matikan aplikasi yang tidak digunakan saat proses startup dengan cara sebagai berikut :

Klik Start => Run => Lalu ketikkan MSCONFIG => Enter
maka akan muncul kotak dialog system configuration , dan anda juga akan melihat beberapa tab dalam kotak dialog tsb, klik tab startup maka akan tampil semua startup item yang sedang running, jika anda ingin meng disabblekan item yang sedang running maka anda cukup menghilangkan centangnya saja, setelah itu anda klik button Apply.
Biasanya system akan minta restart untuk mengaplikasikan  settingan yang telah anda atur secara manual.

2.      Hapus Temporary File pada Computer
Temporary File adalah file-file yang penggunaannya hanya bersifat sementara dan tidak permanen. Fie temporary tsb dibuat untuk menyimpan data sementara ketika file sedang dibuat, diproses atau digunakan. Idealnya , temporary harus segera dihapus setelah keluar dari program. Untuk menghapus temporary pada system sangat mudah, ikuti langkahnya sebagai berikut :

Klik Start => Run => Lalu ketikkan temp => Enter

maka akan muncul semua file temporary yang sudah dibuat oleh system, silahkan hapus file tsb secara berkala, untuk mengurangi space yang terdapat dalam harddisk, agar kinerja pada computer anda kembali optimal.

3.      Uninstall aplikasi yang tidak digunakan
Terlalu banyak menginstall aplikasi pada computer anda dapat menyebabkan kinerja pada computer anda semakin melambat, misalkan computer anda Pentium 4 , dan anda malah menginstall aplikasi 3D Max, Corel Draw X6 maka saya jamin computer anda akan terasa berat bahkan sering mengalami hang.

Untuk penggunaan aplikasi pada computer sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi computer yang anda miliki,  dan untuk melakukan Uninstall Aplikasi pada computer anda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Klik Start => Control Panel => Double click Add or Remove Programs
Semua aplikasi yang sudah anda install pada computer akan muncul semuanya, langkah selanjutnya klik aplikasi yang ingin anda uninstall lalu ikuti saja perintah selanjutnya.

4.      Matikan Visual Effects pada Windows
Tampilan Visual yang ada pada computer anda sangatlah memanjakan mata anda, namun taukah anda bahwa proses tersebut ternyata sangat mempengaruh pada kinerja system computer anda. Lama kelamaan kinerja computer anda bisa lelet (lemot).
Dan cara menonaktifkan visual effects pada windows sangat mudah, ikuti langkahnya sebagai berikut :

Klik Start=> klik kanan My Computer => pilih Properties => pili Tab Advanced => klik Setting=> pada bagian Performance => maka akan keluar kotak dialog Performance Options => pada Tab Visual Effects pilih opsi Adjust for best performance => Apply.

Anda bisa memilih sesuai selera anda, akan tetapi saya merekomendasi untuk menggunakan opsi 3 yaitu Adjust for best performance agar system computer anda bisa bekerja lebih optimal.



















0 komentar:

Posting Komentar