Kamis, 09 Januari 2014

Sistem Operasi Windows 7 64 bit dan 32 bit

Seperti kita ketahui, jika diantara kita terbiasa dengan sistem operasi yang dibuat windows, maka yang paling anyar (terbaru) adalah windows 7. Windows seven terdiri 32-bit dan 64-bit. Lantas apa bedanya ya..?

Berikut akan dijelaskan, bahwa sistem operasi terkait dengan processor yang anda gunakan. Jika processor yang anda gunakan adalah processor intel atom atau core duo kebawah, maka sistem operasi windows 7 64-bit tidak bisa berjalan. Namun jika processor PC/laptop kita sudah intel core to duo sampai yang terbaru intel core i3, core i5, core i7 maka akan mendukung.

Windows 7 64-bit akan lebih mendukung memory komputer sampai 192 GB, sementara Windows 7 32-bit hanya mendukung hingga 4 GB. Maka saat sebelum menginstall perhatikan hardware prosesor dan memory (RAM) anda telah kompatibel atau tidak...Hal lain dari windows 7 64-bit adalah security atau keamanannya, driver hardware yang akan diinstall pada OS ini harus benar-benar tersertifikasi oleh sang vendornya. Sehingga driver hardware-nya benar-benar aman dan susah disusupi program jahat.

Hal lain yang tak kalah harus diperhatikan oleh kita adalah :

1.  Bagaimana dengan support dari hardware lain, semisal LANCard, SoundCard, dll ?

     Maka kita tinggal mengetahui tahun pembuatannya. Apakah sebelum kehadiran OS Windows vista atau tidak? (tahun 2004). Jika sebelum windows vista hadir, maka kita perlu mengecek driver hardwarenya ke situs vendornya kita membeli Sondcard & LANCard ada atau tidak yang sesuai dengan Windows 64-bit.


2. Apakah driver hardware windows 32-bit bisa dipake buat windows 64-bit..?
   
     Jawabannya adalah tidak. Karena strukturnya akan beda.
3. Bagaimana jika sudah terlanjur..?
    Jangan khawatir, kita bisa menggunakan windows xp mode (virtual machine) untuk menjalankannya.
4. Bisakah saya menjalankan program (aplikasi) windows 7 32-bit ke windows 7 64-bit..?

     Bisa dengan teknologi WOW (windows 32 on  windows 64) di windows 7.

5.  Apakah bisa langsung di up-grade Windows 7 32-bit ke windows 7 64- bit..?




     Jawabannya adalah tidak bisa. Namun anda harus diuninstall semua dan menginstall ulang. Karena secara struktur Windows 7 32-bit dan windows - 64 bit sangatlah berbeda baik pemrograman dan arsitekturnya.

Ok..akhir udah ngerti kan bedanya..? jadi pastikan software, driver dan hardware anda sebelum anda install windows 7 64 bit . May god bless you.




0 komentar:

Posting Komentar