Rabu, 21 Mei 2014

Perkembangan Teknologi Perbankan Elektronik (Tulisan) 2014

Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, telah banyak sekali tercipta jenis-jenis peluang bisnis yang baru. Dimana Transaksi-transaksi yang dilakukan banyak menggunakan secara elektronika.
Perkembangan internet memang cepat dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita.
Bank di Indonesia mulai memasuki dunia maya yaitu Internet Banking atau yang lebih dikenal dengan E-Banking, E-Banking ialah bentuk layanan perbankan secara elektronik melalui media internet. E-Banking pada dasarnya ialah kontak transaksi perbankan antara pihak bank dengan nasabah menggunakan media internet.

Dan Jenis-Jenis E-Banking :
1.      Automated Teller Machine (ATM).
Automated Teller Machine (ATM) ialah Terminal elektronik yang telah disediakan oleh lembaga keuangan atau perusahaan lainnya yang membolehkan nasabah untuk melakukan penarikan tunai dari rekening simpanannya di bank, dan di saat anda berada dalam terminal elektronik, anda dapat melakukan cek saldo, setoran, atau pemindahan dana ke rekening bank yang ingin anda tuju.

2.      Computer Banking.
Computer Banking ialah layanan bank yang dapat diakses oleh seluruh nasabah melalui koneksi internet ke pusat data bank, Computer Banking memiliki beberapa layanan , yakni ada menerima dan membayar tagihan dan lain-lain.

3.      Debit Card.
Debit Card ialah kartu yang digunakan pada ATM atau terminal point-of-sale (POS) , yang memungkinkan pelanggan (nasabah)  memperoleh dana yang langsung didebet (diambil) dari rekening banknya.

4.      Direct Deposit.
Direct Deposit ialah salah satu bentuk pembayaran yang dilakukan oleh organisasi (pemberi kerja atau instansi pemerintah) yang membayar sejumlah dana (gaji ) melalui transfer elektronik. Dan dana ditransfer langsung ke setiap rekening nasabah.





5.      Direct Payment (also electronic bill payment).
Direct Payment (also electronic bill payment) ialah bentuk pembayaran tagihan yang disampaikan atau diinformasikan ke pelanggan (nasabah) secara online. Misalnya melalui email ataupun catatan dalam rekening bank. Setelah penyampaian tagihan tersebut, barulah pelanggan boleh membayar tagihan tersebut dengan secara online. Pembayaran tersebut secara elektronik akan dapat mengurangi saldo simpanan pelanggan tersebut.

6.      Electronic Check Conversion.
Electronic Check Conversion ialah Proses konversi informasi yang tertuang dalam cek ( Nomer rekening , jumlah transaksi , dll). Ke dalam format elektronik agar bisa dilakukan pemindahan dana elektronik atau proses lebih lanjut.

7.      Electronic Fund Transfer (EFT).
Electronic Fund Transfer (EFT) ialah perpindahan Uang atau Pinjaman dari satu rekening ke rekening lainnya melalui media elektronik.

8.      Payroll Card.
Payroll Card ialah Salah satu type “Stored – value card “ yang diterbitkan oleh pemberi kerja sebagai pengganti cek, yang memungkinkan pegawainya mengakses pembayarannya pada Terminal ATM atau Point of sales.

9.      Preauthorized Debit (or automatic bill payment).
Preauthorized Debit (or automatic bill payment) ialah bentuk pembayaran yang mengizinkan nasabah untuk mengotorisasi pembayaran rutin otomatis yang diambil dari rekening banknya pada tanggal-tanggal tertentu ( misal pembayaran listrik, tagihan telepon, dll).

10.  Prepaid Card.
Prepaid Card ialah salah satu Type Stored  Value Card yang menyimpan nilai moneter di dalamnya dan sebelumnya pelanggan sudah membayar nilai tadi ke penerbit kartu.

11.  Smart Card.
Smart Card ialah Salah satu Type – Stored Value Card yang didalam nya tertanam satu atau lebih chips atau microprocessor sehingga bisa menyimpan data, melakukan perhitungan, atau dapat melakukan proses untuk tujuan khusus. (Misal validasi PIN, otorisasi pembelian , verifikasi saldo rekening , dan menyimpan data pribadi).

12.  Stored – Value Card.
Stored – Value Card ialah kartu yang di dalamnya tersimpan sejumlah nilai moneter, yang diisi melalui pembayaran sebelumnya oleh pelanggan melalui simpanan yang diberikan oleh pemberi kerja atau perusahaan lain.



0 komentar:

Posting Komentar