Di dalam Suatu Organisasi pasti ada yang memimpin.
PIMPINAN CABANG,
Tugas Pimpinan cabang adalah bertanggung jawab untuk memimpin
atau mengatur jalannya suatu organisasi perbankan. Dan Dalam, menjalankan
tugasnya ia pun dibantu oleh dua wakilnya,yakni :
1.MANAGER OPERATION (MO)
Tugas Seorang Manager Operation ialah membantu pimpinan cabang
dalam bidang operasi yang biasa dalam perbankan disebut dengan bank
office.Dalam pengoperasiannya bank Manager Operasi membawahi:
Teller :
Tugas Seorang Teller ialah melayani nasabah untuk menerimaan dan pengambilan uang,transfer,pengiriman uang dan menabung.
Tugas Seorang Teller ialah melayani nasabah untuk menerimaan dan pengambilan uang,transfer,pengiriman uang dan menabung.
Deposito :
Fungsi Deposito ialah membuat document (surat berharga) dari nasabah yang biasanya berjangka waktu 1 bulan,3 bulan,6 bulan , bahkan 12 bulan.
Fungsi Deposito ialah membuat document (surat berharga) dari nasabah yang biasanya berjangka waktu 1 bulan,3 bulan,6 bulan , bahkan 12 bulan.
Tabungan :
Fungsi Tabungan ialah mencatat dan membukukan kas milik nasabah.
Fungsi Tabungan ialah mencatat dan membukukan kas milik nasabah.
Kliring :
Fungsi Kliring ialah memindahkan dan mencatat dana-dana nasabah
ke Bank lain dalam bentuk warkat (cek dan giro) jadi bahan dalam bentuk tunai.
Transfer:
Fungsi Transfer ialah memindahkan dana nasabah dari Bank
pengirim ke Bank penerima dalam bentuk tunai.
Administrasi Kredit :
Fungsi Administrasi Kredit ialah mencatat dan menyimpan jaminan-jaminan kredit nasabah.Jaminan-jaminan itu disimpan dalam Brankas/Lemari besi.
Fungsi Administrasi Kredit ialah mencatat dan menyimpan jaminan-jaminan kredit nasabah.Jaminan-jaminan itu disimpan dalam Brankas/Lemari besi.
2.MANAGER MARKETING (MM)
Tugas Seorang Manager Marketing (Mm) yang tugasnya membantu
pimpinan cabang dalam bidang marketing (pemasaran).
Dalam perbankan manager marketing membawahi :
AAO (Assistant
Account Officer).
Seseorang yang tugasnya membantu Manager
Marketing.
Marketing
Funding :
Seseorang yang tugasnya mencari dan mengumpulkan dana nasabah.
Seseorang yang tugasnya mencari dan mengumpulkan dana nasabah.
Marketing Landing :
Seseorang yang tugasnya memberi kredit pada nasabah
Costumer Marketing :
Seseorang yang tugasnya memberi kredit costumer pada
nasabah (kredit rumah,kredit mobil dll).
Costumer Service :
Seseorang yang tugasnya membantu nasabah dalam membuka
tabungan,membuka deposito.
Legal :
Seseorang yang tugasnya membantu marketing dalam bidang
hukumnya dalam memberikan kredit.
Bagian Umum :
Seseorang yang tugasnya mengeluarkan dan mencatat
seluruhnya yang dibutuhkan,misalnya tiket-tiket perjalanan (aplikasi-akomodasi),perlengkapan
dapur dan barang-barang dapur untuk karyawan.
Satpam ;
Seseorang yang tugasnya menjaga keamanan Bank tersebut.
Office Boy (OB) :
Seseorang yang tugasnya membantu karyawan membeli
makanan,membuat minuman dan membantu mengantar surat-surat nasabah yang
urgent,serta membersihkan seluruh gedung kantor.
Driver (Sopir) :
Seseorang yang tugasnya mengantar karyawan
untuk kepentingan kantor dan menjaga kendaraan dan kebersihan kendaraan.
SEKRETARIS :
Seseorang yang tugasnya membantu pimpinan
cabang dalam bidang surat menyurat atau mengurusi segala kepentingan pimpinan
cabang.
AUDIT :
Tugasnya mengawasi pengoperasian perbankan,tetapi
pekerjaannya tidak di bawah pimpinan cabamg,melainkan bertanggung jawab
langsung pada kantor pusat.
Opini :
1. Membuat Suatu
organisasi tidaklah mudah, apalagi jika pangkat anda ialah sebagai pimpinan
cabang. Maka dari itu di dalam suatu organisasi anda, harus ada peraturan.
Fungsi peraturan ialah untuk di taati, bukan untuk di langgar.
2. Tentang Deposito, Saat
awal anda membuat document (surat
berharga), biasanya costumer service akan menyarankan tanggal jatuh tempo yang
terbaik kepada si nasabah.
3.
Dan seandainya jika
belum jatuh tempo, tetapi saat itu sang nasabah sangat perlu dana, dana bisa
keluar. Akan tetapi si nasabah akan terkena pinalty ( denda ) dari bank
tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar