Senin, 09 Januari 2012

Definisi lingkungan hidup dan pola kehidupan sehari-hari


Lingkungan hidup dapat didefinisikan sebagai:
  1. Daerah di mana sesuatu mahluk hidup berada.
  2. Keadaan/kondisi yang melingkupi suatu mahluk hidup.
  3. Keseluruhan keadaan yang meliputi suatu mahluk hidup atau sekumpulan mahluk hidup, terutama:
    1. Kombinasi dari berbagai kondisi fisik di luar mahluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan mahluk hidup untuk bertahan hidup.
    2. Gabungan dari kondisi sosial and budaya yang berpengaruh pada keadaan suatu individu mahluk hidup atau suatu perkumpulan/komunitas mahluk hidup.
Istilah lingkungan dan lingkungan hidup atau lingkungan hidup manusia seringkali digunakan silih berganti dalam pengertian yang sama.

Lingkungan hidup dan pola kehidupan sehari-hari
Tanya :
Yang saya tanyakan, apakah lingkungan hidup berpengaruh pada pola kehidupan sehari-hari juga? Alasan dan contohnya?? Terimakasih ...
( Nia, Salatiga - 03.11.2008 )
Jawab :
Lingkungan hidup sangat berpengaruh pada pola kehidupan sehari-hari. Dalam konsep ekologi dapat dipahami hubungan atau interaksi makhluk hidup terhadap lingkungan di sekitarnya termasuk manusia. Pola kehidupan manusia akan dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya baik lingkungan fisik (abiotik: tanah, air, udara, batuan, lahan dll); lingkungan biotik (makhluk hidup, flora dan fauna) dan lingkungan sosial-budaya (perilaku, kelembagaan, sikap, pengetahuan, kebudayaan lokal dll). Pola interaksi ini yang menyebabkan ada suatu mekanisme penyesuaian (copying mechanism) terhadap lingkungan sekitarnya, dalam proses penyesuaian ini manusia akan melakukan suatu adaptasi secara alamiah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Pola-pola adaptasi ini tergantung dari aksi dan reaksi. Adaptasi dapat bernilai positif dan dapat bernilai negatif yang akan berpengaruh pada lingkungannya.

Contoh pola adaptasi dengan lingkungan, antara lain:
  1. Orang yang hidup di daerah Gunung Kidul atau di Kawasan Kars yang secara geologi merupakan daerah yang kering tapi sebenarnya merupakan daerah yang banyak menyimpan air, menjadikan masyarakat di sekitarnya harus menyesuaikan diri dengan kondisi alamnya dan membangun budaya yang mau bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  2. Orang akan berusaha membangun rumah yang bagus dan mewah agar dapat dipandang dan diakui oleh orang yang ada di lingkungan sekitarnya.

Nama                                    : Khoko Jannatul Pratama
NPM                                      : 37111831
Kelas                                     : 1 DB 11
Sumber                                                : http://yukez.wordpress.com/2009/02/12/definisi-lingkungan-hidup/
                                                  http://www.psmbupn.org/consul/lingkungan-hidup-dan-pola-kehidupan-sehari-hari.html

0 komentar:

Posting Komentar